Cara Kalibrasi Baterai Blackberry

baterai

Kalibrasi (calibrate) sesuai dengan asal katanya berarti mengatur/menyesuaikan kembali. Jadi arti teknisnya menyesuaikan kembali dari keadaan yang kurang baik.

Mengapa batre perlu dikalibrasi ?

Kita telah tahu bahwa batre Blackberry itu berjenis Li-ion. Jika kita sering charge batere padahal batere masih posisi 20% lagi misalkan, berarti 20% dari elektron-elektron sel itu jarang kita pakai, jika lama-lama sel-sel itu tidak dipakai maka sel akan mengalami kejenuhan (saturasi) dan sel akan mati tentunya. Untuk itu perlu adanya penggunaan batere sampai habis 0% dengan maksud elektron sel tadi itu jadi terpakai dan nanti dicharge lagi supaya sehat.

Gunanya kalibrasi batre :

  1. Untuk menyehatkan sel sel yang jarang terpakai sehingga tidak mati karena saturasi.
  2. Agar penunjukan persentase batere akurat
  3. Untuk menstabilkan kinerja batere dan health dari batere jadi stabil.
  4. Untuk mencegah cepatnya batere drop dan bocor
  5. Tentunya agar batere awet dan umurnya panjang

Dua macam cara kalibrasi batre:
Kalau punya 2 batre dengan tipe sama (sama2 original)

  1. Pake BB sampe mati, trus cabut batrenya
  2. Masukkin batre yg satu lagi sampe bb ke load sempurna, abis itu matiin, trus cabut batrenya.
  3. Masukkin batre yg pertama tadi
  4. Charge BB sampe penuh (3-4 jam, saran: 4 jam)

Kalau punya 1 batre

  1. Pake BB sampe mati
  2. Diemin kurleb 1 menit (jangan kelamaan)
  3. BB dicharge (dalam keadaan mati) sampai penuh (3-4 jam, saran gue 4 jam)

Keterangan penting dan HARUS DIBACA:
Berdasarkan tipe batre BB yg Li-ion, sangat tidak disarankan buat bikin batre betul-betul 0% tersisa (sampe BB ga bisa nyala). Langkah no. 1 di dua cara di atas, maksudnya cukup lakuin sampe BB mati. BB mati bukan berarti batre sisa 0%, karena sesaat setelah BB dipake sampe mati trus tombol power dipijit, layar BB masih bisa nyala sebentar -> mengindikasikan batre masih ada sisa power (tidak betul-betul 0%).

Selain itu, ga usah terlalu berlebihan dalam melakukan kalibrasi batre. Berlebihan disini misalnya tiap hari kalibrasi, atau tiap inul OS trus kalibrasi atau setiap gada kerjaan kalibrasi. Kalibrasi batre sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali, atau per 30 kali ngecharge, lakukan 1 kali kalibrasi. Dan biar batre awet, sekali lagi ditekankan, jangan kebiasaan baru ngecharge BB saat indikator batre jadi merah. Mendingan saat indikator kuning juga udah langsung dicharge.

Source : http://bit.ly/TprOY2


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *